C++ : Do While, Pilihan ya atau tidak

Ditulis oleh robzlabz pada Kamis, 05 April 2012

apakah kamu pernah melihat program yang seperti ini?


Biar aku jelaskan sedikit tentang program ini. Program ini akan mengulang ke code bagian awal ketika kita mengisi pernyataan dengan y dan program ini tidak akan mengulangi code jika ditekan selain y, misal n



Nah, bagaimana cara code ini bekerja? sebenarnya program ini adalah program yang simple dan hanya menggunakan perulangan Do While. Mengapa harus Do While? yah karena Do While memiliki syarat perulangan satu kali maka dari itu code akan menjalankan perintahnya satu kali lalu ditanyakan kepada user apakah dia akan mengulang atau tidak

Secara simple code C++ : Do While, Pilihan ya atau tidak dapat dituliskan dalam code seperti dibawah ini

/* Do While, Pilihan ya dan tidak */

#include <iostream>
#include <conio>

main () {
    char pil;

    do {
        cout<<"Apakah Kamu akan mengulang perintah ini?"<<endl;
        cout<<"Pilihan (y/n)"; cin>>pil;

    }while(pil=='y');

    cout<<"Sudah Tidak Mengulang"<<endl;
    getch();

}

hal yang pertama kita lakukan adalah membuat variabel dengan tipe charakter dengan nama pil. Variabel ini akan digunakan untuk menampung pilihan kita nanti. Variabel ini juga harus dibuat di luar Do While karena jika variabel ini dibuat di dalam Do While maka variabel tidak akan terbaca oleh while yang ada di bawah (Ingat, variabel hanya berjalan/terdeklarasi pada satu blok saja)

Selanjutnya membuat do while. Di dalam do While diberikan kata kata semisal "Apakah kamu akan mengulangi perintah ini"   dan jangan lupa diberi pilihannya karena kita harus memberikan pilihan ya atau tidak di dalam blok Do While. Selanjutnya diberikan while (pil=='y'), code tersebut di gunakan untuk memberikan nilai true/false dalam perulangan yang dibuat. Jika variabel pilihan bernilai y maka code akan berulang dan jika diberikan selain y maka perulangan akan berhenti dan akan mencetak "Sudak Tidak Mengulang"

Semoga Artikel ringkas ini menambah ilmu :)

{ 0 Komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Label Could

Analisa (1) Assembler (4) c (1) cpp (3) Facebook (7) Fun (2) Galau (6) Hacking (1) Hardware (1) Java (7) JavaScript (4) Komik (10) My Family (1) My Life (14) My Way (8) NFC (1) NFC Hacking (1) Php (1) Program (47) Project (1) Script (1) Technology (1) Visual Basic 6 (2) Visual Basic.NET (4) What The Pufh (12)